Catatan kehamilanku 0-5 bulan

4 Mei 2008 : pemeriksaan pertama setelah mengalami telat haid sekitar 10 hari. Hasil test pack sudah positif, tapi masih belum yakin soalnya garis pertama di test pack langsung nongol sedangkan garis kedua pelan banget nongolnya. setelah diperiksa ternyata benar hamil, dengan usia sekitar 5 minggu dihitung dari HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). dari hasil pemeriksaan:

· Berat badan : 44 kg (sama seperti sebelum hamil)

· Tekanan darah : 110/70 mmHg

· Vitamin : vitamin B kompleks & vitamin pengurang resiko cacat (namanya lupa, red.)

16 Mei 2008 : kandungan mengalami kontraksi, sehingga harus dilakukan pemeriksaan. Hasilnya, karena terlalu capek jadi kandungan sering kontraksi. Jika tidak cukup istirahat dikhawatirkan akan keguguran. Ya ALLAH, aku ga mau kehilangan anakku buah cinta dengan suamiku. Padahal jadwal pemeriksaan selanjutnya adalah tanggal 4 juni 2008. dari hasil pemerikaan:

· Berat badan : 43 kg (turun sekilo)

· Tekanan darah : 100/70 mmHg

· Vitamin : sama seperti vitamin sebelumnya ditambah dengan penguat kandungan untuk mengurangi kontraksi yang berlebihan.

5 Juni 2008 : pemeriksaan rutin bulanan. keluhan sering mual, muntah dan pusing dan ternyata hal tersebut wajar buat orang hamil. pinggang sakit sehingga harus banyak minun air putih. usia kehamilan memasuki minggu ke-10 atau hamper 2.5 bulan. detak jantung sudah bisa didengar dengan alat bantu dan gel yang dioleskan ke perut ibu bagian bawah. hasil pemeriksaan:

· Berat badan : 43 kg (tetap)

· Tekanan darah : 110/70 mmHg

· Vitamin : vitamin B kompleks (Becombion), Elkana (khusus buat kandungan/ibu2 hamil), Folacom Folic Acid (asam folat untuk mengurangi resiko cacat), anti mual.

Lebih banyak mengkonsumsi buah alpukat atau pisang agar berat badan naik.

Juni 2008 : kontraksi di kandungan belum berkurang, sehingga ke RS.Aulia untuk dilakukan USG. Konsultasi dengan dr.Winur kemudian dilakukan USG. Dan alhamdulillah, ternyata janin tidak apa-apa. Di layar sudah keliatan bentuk kepala, kaki dan tangan dengan panjang 6cm. Subahanallah, ini pertama kali ayah sama bunda lihat de2k di perut bunda. Berikut hasil pemeriksaan:

· Berat badan : 42.5 kg (turun lagi)

· Tekanan darah : 110/70 mmHg

· Vitamin : ditambahkan kaplet minyak ikan, karena aku alergi protein dan susah makan ikan, prestamon untuk penguat janin.

5 Juli 2008 : pemeriksaan rutin bulanan. Rasa mual dan muntah-muntah sudah jauh berkurang. Selera makan sudah lumayan membaik, dengan porsi sedikit. Tapi sering mengalami pusing kepala. Disarankan tidak boleh minum obat sembarangan sehingga hanya bisa diantisipasi dengan menjaga makanan lebih baik lagi. Detak jantung semakin kencang dan cepat menandakan bayi sehat. Alhamdulillah, ayah sama bunda senang dek. Berikut hasil pemeriksaan:

· Berat badan : 44 kg

· Tekanan darah : 110/60 mmHg

· Vitamin : vitamin B kompleks (Becombion), Elkana dan Prestamon. Tadinya vitamin B komples mau diganti dengan vitamin penambah darah. Berhubung selera makan dan berat badan belum sesuai dengan yang diharapkan, sehingga tetap diberikan vitamin B kompleks agar nafsu makan.

4 Agustus 2008 : pemeriksaan rutin bulanan. Selera makan semakin membaik, melebihi frekuensi orang normal (bukan berarti aku ga normal lho ya?). Biasanya sih makan bisa 4-7 kali dengan porsi sedikit-sedikit. Kalau malem/dini hari lapar aku paksain bangun trus makan dikit atau minum susu, yang penting kenyang. Hari ini, ayah sama bunda ke R.S. AULIA lagi dek, soalnya ada keluhan agak serius di badan bunda. Jadi hari ini, bunda ga masuk kantor dan ayah “dipaksa” bunda ga kerja juga dek. Pokoknya, bunda maunya ditemenin terus sama ayah. Setelah menunggu dokter kira-kira 20 menitan, bunda dapat giliran dipanggil dokter sekitar pukul 11.30 WIB. Karena dokter yang biasa dikunjungi prakteknya selalu malam dan ayah ga kuat melekan, jadi hari ini langsung ketemu dr.Adi. Setelah konsultasi dokter ngasih saran buat dikasih obat biar keluhan bunda sembuh karena dapat menyebabkan dedek lahir prematur. Ya ALLAH, kata dokter kalo dalam waktu seminggu belum sembuh, harus ditingkatkan dosis obatnya. Semoga saja sembuh dan dedek lahir normal, amiiin. Trus bunda sama ayah juga seneng dek, karena jenis kelamin dedek dah keliatan (hehehehe…..surprise pokoknya soalnya ayah sama bunda baru berencana melihat jenis kelamin dedek habis lebaran. Ternyata sekarang dah keliatan. Semoga saja ga berubah ya dek). Dokter heran dengan usia kehamilan bunda yang sudah 19 minggu tapi kok seperti orang yang ga hamil. Pas di-USG, dokter bilang panjang dan berat dedek normal kok dah sesuai dengan umur kehamilan, ooh…memang emaknya yang kurus (dhieeeng…..dokter kok ya jujur amat seeeh…). Berikut hasil pemeriksaan :

· Berat badan : 45kg

· Tekanan darah : 110/7o mmHg

· Vitamin : multivitamin, lupa merk-nya

ADA YANG MO NEBAK JENIS KELAMIN DEDEK DALAM PERUTKU??? Monggo, silahkan, hadiahnya nungguin empat bulan lagi ya…..berupa satu lusin popok basah bekas ompol, sepasang baju kotor. mau lagi??? gampang, nanti ditambahin kok…..

……………….bersambung………………..

14 thoughts on “Catatan kehamilanku 0-5 bulan

  1. wah so sweet…

    dedek di dalam sana, jangan nakal ya..
    tapi sesekali tendang perut bundamu, biar senang..

    btw, kalo ada ayah menjenguk dedek, jangan diusili ya..
    :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s